Selasa, 07 Juni 2011

Hukum Terutama dalam Bermain Biola

Ini adalah hukum terutama dalam bermain biola, bukan hukum terutama dalam ber-Tuhan. Setelah lewat pengalaman saya beberapa tahun dalam bermain biola, saya menyimpulkan hukum terutama dalam bermain biola, hukum pertama berbunyi: “Kasihilah biolamu dengan segenap hatimu dan dengan segenap akal budimu.” Dan hukum yang kedua adalah “Kasihilah sesamamu manusia lewat biolamu.”
Saya menyimpulkan demikian karena cerita satu ini: Lima belas tahun yang lalu saya membeli biola saya yang kedua, karena saya sudah cukup bisa bermain biola maka saya membeli yang lebih bagus (lebih mahal). Kala itu teman saya juga ikut. Ketika di toko biola, saya memilih biola sambil memainkannya. Teman saya terkejut dan mengatakan kenapa saya langsung bisa. Saya mengatakan bahwa saya sudah lima tahun lebih bermain biola, tetapi dia tidak percaya. Keesokannya temanku itu menelpon saya bahwa dia juga sudah membeli biola. Saya hanya tersenyum mendengarnya dan mengatakan selamat belajar. Sebulan kemudian dia menelpon saya bahwa dia stress, katanya dia sulit mencari nadanya, kok tidak sama seperti gitar? Dia mengatakan bahwa biolanya sudah dia banting karena kesal dan senar G nya putus. Dia meminta saya untuk dicarikan pembeli biolanya.
Seandainya teman saya itu mau bersabar dan menyayangi biolanya, mungkin sekarang dia sudah pandai bermain biola. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...