Kamis, 09 Juni 2011

Latihan Bermain Biola (2): Tangga Nada Mayor

Kali ini saya akan membahas tangga nada mayor dalam permainan biola. Ada banyak tangga nada dalam bermain musik (khususnya biola), yaitu:
  1. Tangga nada mayor
  2. Tangga nada minor natural
  3. Tangga nada kromatik
  4. Tangga nada pentatonik
  5. Tangga nada augmented
  6. Tangga nada mixolydian
  7. Tangga nada dorian
  8. Tangga nada blues
  9. Tangga nada bebop
  10. Tangga nada harmonik
  11. Tangga nada arabic
  12. dan sebagainya

Kesemuanya itu bila kita terapkan atau digabungkan dalam permainan biola maka kita dapat bermain di semua aliran musik, baik itu pop, dangdut, keroncong, rock, musik timur-tengah, blues, jazz sampai musik tradisional kita seperti musik jawa, batak, karo, sunda, dst…

Baiklah, kita bersama-sama membahas tangga nada mayor dalam permainan biola.

I. Tangga Nada Mayor

Pada tulisan saya sebelumnya kita bersama-sama sudah bermain biola pada lagu KJ1. Sekarang bersama-sama kita analisa lagu itu bermain di tangga nada apa (lihat tulisan saya sebelumnya).

Bila kita perhatikan pada lagu itu maka terdapat solmisasi: 1 2 3 4 5 6 7 (1’)
Solmisasi: 1 2 3 4 5 6 7 (1’) sudah kita tahu bersama, semua orang juga tahu… :) Tangga nada mayor itu saya buatkan tabel berikut ini:

Ini adalah tabel tangga nada yang pernah saya ceritakan sebelumnya ketika saya kelas 1 SMP (lihat tulisan saya sebelumnya). Anda cukup menghafal huruf: G D A E B Fis Cis dan F, maka semua isi tabel itu akan anda ingat seumur hidup.

Kembali ke lagu KJ 1. Adapun tangga nadanya adalah:

Perhatikan tabel tangga nada mayor diatas (lihat juga huruf yang berwarna merah), berarti lagu KJ 1 bermain di tangga nada F mayor (F=do).
Jadi, tangga nada mayor terdiri dari solmisasi: 1(do) 2(re) 3(mi) 4(fa) 5(sol) 6(la) 7(si) 1’(do).

Sekarang coba anda cari solmisasi tangga nada mayor pada biola.

Bagaimana, mudah bukan? :)
Saya harap anda berlatih untuk tangga nada mayor ini, baik itu G Mayor, D Mayor, Bes Mayor, dst… agar kita lebih mudah membahas tangga nada berikutnya. Saya tidak merekam mp3 untuk contoh tangga nada mayor ini dengan biola, saya pikir cukup mudah.
Selamat belajar…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...