Senin, 06 Juni 2011

Siapa Saya?

Ketika saya duduk di bangku kelas satu SMP pernah menulis untuk mata pelajaran BP (Bimbingan dan Penyuluhan) bahwa “Hidup ini indah dengan musik!” Waktu itu guru BP saya meminta kepada siswa-siswinya untuk menulis di secarik kertas moto hidup masing-masing jika dewasa kelak.

Saya ketika itu tidaklah menyukai musik. Tetapi hanya menyukai matematika. Entah kenapa saya menulis seperti itu! :)

Ketika kelas satu SMP, wali kelas saya adalah pak Budi R. Dia guru musik di SMPN 249 Jakarta ketika itu. Saya memang dekat dengan beliau, bukan karena mata pelajaran yang diajarkannya, tetapi dia supel dan ramah. Satu pelajaran dari dia yang saya ingat sampai sekarang adalah tangga nada. Dalam tangga nada saya menemukan rumusan-rumusan hitungan, yaitu kres dan mol. Ada 7 tangga nada kres dan 7 tangga nada mol, dan semua harus dihafal untuk ujian. Saya mencari trik (jembatan keledai) untuk menghafal singkat tetapi ingat terus selamanya. Jadilah suatu rumusan dengan G, D, A, E, B, Fis, Cis untuk tangga nada kres dan untuk 7 tangga nada mol saya hanya cukup menghafal huruf F saja! Dan sampai sekarang 14 tangga nada itu masih ada di ingatan saya, sudah 20 tahun.

Rupanya hafalan indah itu sangat bermanfaat ketika saya menekuni piano kelas 2 SMA. Saya mulai mempelajari not balok lebih teliti berdasarkan rumusan yang saya buat dulu. Setahun kemudian saya membeli biola secara diam-diam, karena takut dimarahi. Saat itu bermain musik terlalu serius akan dimarahi orang-tua saya... :)

Akhirnya, tahun ini adalah tahun tumpah semua. Tumpah kreasi dan tumpah ilmu. Saya akan membagikan ilmu biola saya di situs ini. Meski tugas utama tetap berjalan, waktu kosong sekecilpun akan saya buat untuk berkarya, merekam biola live, dan memberitakannya kepada anda. Semoga berkenan.

Akhirnya, ijinkan saya memperkenalkan diri dengan nama Anton B. Tarigan Silangit, tinggal di Jakarta. Salam perkenalan. :)

A.B. Tarigan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...