Kamis, 16 Juni 2011

Tangga Nada Blues dan Pentatonik Jawa

Kali ini adalah penggabungan tangga nada blues (afrika) dan tangga nada pentatonik jawa (indonesia). Saya sudah membuat penggabungan tersebut secara live dan tanpa editing sound. Saya menghidupkan style blues dan bersama-sama memainkan biola acoustic saya, seperti contoh permainan biola berikut:

IV. Tangga Nada Pentatonik dan Tangga Nada Blues
Sesuai namanya penta berarti lima, adalah tangga nada dengan 5 nada.
Tangga nada pentatonik hampir dimiliki oleh semua suku bangsa di dunia. Kali ini kita membahas tangga nada blues dan tangga nada pentatonik jawa.

Dalam permainan biola diatas saya menggunakan tangga nada blues (BILL WITHER - AIN'T NO SUINSHINE) dalam kunci G. Di tambah tangga nada pentatonik jawa sebagai improvisasi.

Tangga nada blues dalam kunci G adalah:
G, Bb, C, D, F

Tangga nada pentatonik jawa dalam kunci G adalah:
G, B, C, D, F#

Coba anda cari letak tangga nada tersebut di biola (lihat gambar fingerboard di tulisan saya sebelumnya). Sudah dapat? Coba mainkan solmisasinya… :)

Sekarang cobalah cari tangga nada blues dan tangga nada pentatonik jawa di kunci lainnya (Selain G).

Selamat berlatih…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...