Selasa, 07 Juni 2011

Pertanyaan seputar biola

  • Apakah bermain biola sulit?
    Tidak. Asal ada kemauan dan sabar.
  • Apakah saya terlambat memulai bermain biola?
    Tidak.
  • Kenapa kata orang bermain biola harus sejak dini?
    Karena faktor kebiasaan, semakin lama semakin biasa. Itu saja… :)
  • Biola tidak punya grip seperti gitar. Bagaimana memainkan dan mengenal nadanya?
    Sebenarnya biola mempunyai grip seperti gitar, tetapi tidak diletakkan. Kalau baru belajar bisa dibuatkan grip dengan benang tipis atau tip-ex. Kalau sudah bisa, gripnya dihilangkan. Tanpa grip lebih asik berimpruvisasi…
  • Apakah harga biola mahal?
    Tidak, untuk ukuran bukan profesional. Saya pernah browsing mencari biola buatan anak negri dan saya dapatkan seharga 500 rb rupiah (pembuat biolanya di semarang) dengan ukuran 4/4 plus casing. Kalo beli di toko musik resmi bisa sekitar 700 rb-1jt untuk biola standar 4/4 akustik.
  • Apakah biola hanya bermain sebagai melodi?
    Tidak. Disamping melodi biola juga bisa sebagai akord pengiring, sama bila kita bermain piano atau keyboard untuk tangan kiri. Biola bisa digesek 2-3 senar sekaligus seperti akord piano atau keyboard dengan menekan 2-3 nada di tangan kiri.
  • Kok pertama main biola kurang mengasyikkan?
    Memang, karena belum mahir. Cobalah bermain tangga nada dorian, pentatonik blues atau tangga nada jazz. Manyus..!
  • Dimana saya bisa belajar biola?
    Di tempat kursus biola. Memang mahal. Tapi tenang aja, saya akan membagikan ilmu biola di blog ini. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...