Selasa, 07 Juni 2011

Merekam suara biola ke laptop/komputer

Saya akan membeberkan cara saya merekam biola ke laptop. Ada 2 cara yang saya gunakan untuk merekam biola ke laptop, yaitu:
  1. Langsung
  2. Tidak langsung
Cara Langsung
Dengan cara ini maka frekuensi dan amplitudo biola hampir tidak berubah ketika terekam di laptop, alhasil suaranya seperti suara asli (akustik). Media yang dibutuhkan hanya sebuah mic yang tersambung ke laptop. Mic khusus untuk biola (pick up) dapat dibeli di toko musik.


Cara Tidak Langsung
Dengan cara ini mic dari biola tidak langsung ke laptop tetapi melalui alat khusus (dapat berupa ampli, studio mini atau keyboard studio). Suara dari biola diolah dulu di alat tersebut baru terekam ke laptop. Dengan cara ini frekuensi dan amplitudo biola sudah berubah, meski bisa diolah supaya merdu, sebagian pecinta biola lebih menyukai cara langsung. Untuk cara tidak langsung ini saya menggunakan keyboard Teknics KN 2600 sebagai media perantara ke laptop. Tapi untuk blog ini saya menyarankan cara langsung saja karena murah dan keaslian suara biola.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...