Selasa, 07 Juni 2011

Studio mini di laptop anda

Setelah kita membahas cara merekam suara biola ke laptop, sekarang pertanyaannya adalah apa yang terjadi dengan suara biola di laptop/komputer?
Untuk program di komputer bisa saja menggunakan sound recorder (bawaan windows), tapi sangat sederhana sekali. Lagi pula filenya akan tersimpan dalam bentuk *WAV, dan itu membutuhkan ruang hard disk yang besar.
Selama ini saya menggunakan program Cakewalk Pro Audio. Memang sekarang ini sudah banyak program serupa, tapi selama 7 tahun saya hanya menggunakan Cakewalk Pro Audio. Jadi, saya membahas penggunaan Cakewalk Pro Audio saja disini… Hehehe…
Setelah kita membuka program Cakewalk maka tampilannya seperti di bawah ini:

Nomor 1, 2, 3 dst… adalah kolom track. Satu track diisi oleh satu audio/midi. Misalnya: Track 1 untuk biola, Track 2 untuk gitar, Track 3 untuk drum, Track 4 untuk piano, dst…  lalu semuanya bisa digabungkan. Tetapi dalam wacana ini kita hanya menggunakan satu track saja untuk biola.

Di baris source kita dapat mengatur propetisnya. Untuk Source adalah input dari jack biola, port adalah suara output dari speaker laptop, channel dan yang lainnya abaikan saja (untuk midi), kecuali volume buat menjadi 120-127. Lalu tekan OK.

Hasil suara akan tampak seperti gambar diatas (warna hijau dengan garis hitam kasar). Ini adalah file wav sementara dan bisa diolah secara audio bila diinginkan (tidak saya bahas, coba saja sendiri :D)

Rekaman tadi langsung anda ekspor sebagai MP3 (mixdown audio) ke laptop anda. Selesai.

Mudah bukan…?

Selamat merekam di studio mini pribadi anda. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...