Rabu, 08 Juni 2011

Latihan Bermain Biola (1)

Kita sudah membahas tentang sejarah biola, bagian-bagian biola, cara menyetem dan menggesek, sampai cara merekam ke komputer. Saya merasa anda sudah cukup pengenalan dasar. Sekarang saatnya kita praktek!
Anda tentu sudah tahu urutan nada di biola, seperti sketsa di bawah ini:



Sudah tahu bukan? Bila belum tahu, coba lihat lagi tulisan saya sebelumnya…
Baiklah, saya akan menampilkan lagu KJ1.



Lagu di atas dimainkan di kunci dasar F. Berarti nada F = Do.
Sekarang perhatikan fingerboard yang sudah saya hapus urutan nadanya.



Ini adalah biola sebenarnya yang harus anda mainkan. Tanpa fret dan tanpa tulisan nada. Anda bisa? Cobalah… pasti bisa! Perhatikan fingerboard yang sudah saya isi urutan nadanya pada gambar paling atas.
Bermain di kunci dasar F berarti F = Do. Maka urutan solmisasi di fingerboard adalah:



Mudah bukan? Sekarang coba mainkan lagu diatas… :)


Lagu KJ1. MP3, Violinist: AB Tarigan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...